Beranda » Info Wisata Lombok » Peresean, adu ketangkasan kaum lelaki Masyarakat Lombok

Peresean, adu ketangkasan kaum lelaki Masyarakat Lombok

T Diposting oleh pada 12 Maret 2017
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 2660 kali

peresean desa ende lombok

Peresean adalah salah satu seni budaya masyarakat Lombok yang sangat terkenal di lombok dan sudah ada sejak ratusan tahun silam.
Seni budaya ini kemudian diwariskan secara turun-temurun seperti tradisi di pulau karimun jawa dan di pulau-pulau lainnya di seluruh Nusantara yang masih tetap terjaga kelestariannya sampai saat ini.
Bicara tentang seni budaya dan tradisi, pulau lombok yang dihuni oleh masyarakat Suku Sasak (Suku Asli Masyarakat Lombok), memang memiliki banyak Seni Budaya dan Tradisi unik diantaranya : peresean, bau nyale, perang topat, kawin lari dan masih banyak lagi.

Apa itu peresean?

Peresean adalah seni yang menampilkan keberanian dan memacu adrenalin dua orang mame (laki-laki) yang dikenal dengan sebutan PEPADU.
Keduanya bertarung menggunakan PENJALIN (rotan) dan ENDE (Perisai) yang tebuat dari kulit kerbau atau kulit sapi.
Para pepadu tersebut tidak diperkenankan mengenakan baju dan hanya mengenakan sarung.
Pertandingan peresean dipimpin oleh 2 orang wasit yang disebut PEKEMBAR,.
Wasit sedi (pinggir) bertugas mencari pemain dan lawan yang sepadan, sedangkan wasit tengaq (tengah) yang bertugas mengatur keseluruhan jalannya pertandingan dan memutuskan pemenangnya.
Uniknya dalam pereseaan, apabila seseorang sudah dipilih oleh pekembar mereka harus tampil dan dicarikan lawan yang sepadan untuk dipertandingkan.
Budaya peresean diiringi oleh gamelan khas lombok, sehingga riuh suasana di area pertandingan (lapangan) sangat terasa dan sorak sorai para penontonpun semakin menambah semarak dan meriah pertandingan.

Sejarah awal mula seni budaya peresean di lombok

Awal mula peresean ini terjadi ketika para prajurit kerajaan lombok saat itu, setelah kembali dari medan perang dan memenangkan pertempuran.
Para prajurit ingin merayakan kemenangannya dengan mengadakan pertandingan adu ketangkasan dalam berkelahi. Mereka bertarung dengan bersenjatakan tongkat rotan dan perisai yang kita kenal dengan nama peresean.
Peresean juga dilakukan oleh orang sasak jaman dulu untuk meminta hujan pada bulan tujuh dalam penaggalan kalender Sasak.
Saat ini, peresean sering dilaksanakan dalam rangka memeriahkan HUT kemerdekaan RI dan juga dalam rangka menyambut datangnya bulan puasa.

Demikianlah sejarah awal mula seni budaya peresean yang menjadi salah satu seni budaya di lombok yang tetap terjaga kelestariannya.

Belum ada Komentar untuk Peresean, adu ketangkasan kaum lelaki Masyarakat Lombok

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait Peresean, adu ketangkasan kaum lelaki Masyarakat Lombok

gili nanggu

10 Destinasi Bulan Madu Lombok Romantis dan Berkesan

T 21 Maret 2020 F A M77

Bulan Madu Lombok saat ini menjadi salah satu tujuan favorit para pasangan muda yang ingin menikmati suasana romantis dan berkesan. Lombok akan menyuguhkan anda suasana bulan madu termasuk hotel  villa yang tentunya berbeda dari tempat lain. Di Lombok banyak terdapat... Selengkapnya

5 tips liburan ke lombok

5 Tips Liburan Ke Lombok yang Aman, Nyaman dan Berkesan

T 3 Oktober 2016 F A M77

Saat ini, liburan ke lombok menjadi impian banyak orang yang ingin menikmati keindahan pulau lombok, baik dalam rangka kunjungan kerja (kunker) atau pun liburan bersama keluarga atau  liburan ala backpackeran yang harus anda ketahui bila anda berkunjung ke lombok. 5... Selengkapnya

sekilas tentang lombok

Sekilas tentang Pulau Lombok dan Letak Geografis Pulau Lombok

T 6 Maret 2017 F A M77

Pulau Lombok adalah pulau yang terletak di timur pulau Bali, pulau ini masuk menjadi salah satu bagian dari kepulauan sunda kecil. Pulau lombok di sebelat barat dipisahkan oleh Selat Lombok dari Bali dan Sebelah timur dipisahkan oleh Selat Alas di... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.

Ikuti Kami di :

Alamat Kantor

Rinjani Asri IA, Kav IVB – Jatisela – Gunungsari – Mataram – Lombok, 83511.
Telephone : +62370 – 7847477
Call/SMS/WA/LINE : +6281 2215 0123.
Email : booking@infoliburankelombok.com